Rabu, 22 Oktober 2014

Contoh Skenario Pembelajaran Matematika SMP



Skenario Pembelajaran Matematika

Topik: Konsep Bilangan Bulat & Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat

Menggunakan K-2006
Menggunakan K-2013
Eksplorasi
- Siswa diminta memperhatikan peristiwa, kejadian atau fenomena serta situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur atau suhu berbagai benda, ketinggian pohon, dan sebagainya.
-     Siswa diminta membaca buku referensi bada bagian topik yang sedang dibahas. Siswa menuliskan bagian-bagian penting dari hasil membaca buku referensi yang diminta.
-     Melalui tanya jawab, siswa mengidentifikasi berbagai bilangan dari kumpulan benda, membandingkan dan mengurutkan sekelompok bilangan, menggambarkan garis bilangan dan menempatkan sekelompok bilangan pada garis bilangan yang tepat, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat

Elaborasi
- Menganalisis dan menyimpulkan melalui penalaran induktif (dalam bentuk verbal) bahwa tidak ada bilangan terkecil atau terbesar, artinya jika diberikan sembarang bilangan selalu dapat ditunjukkan bilangan yang lebih besar atau lebih kecil dari bilangan yang diberikan
-  Menganalisis dan menyimpulkan penjumlahan bersifat komutatif (dapat dipertukarkan) melalui pengamatan pola atau secara aljabar.
-       Menunjukkan melalui contoh bahwa pengurangan dan pembagian tidak bersifat komutatif

Konfirmasi
-       Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan operasi hitung atau aljabar yang dikuasai, contoh masalah yang diselesaikan dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
-       Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
Mengamati
-     Mengamati peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur atau suhu berbagai benda, ketinggian pohon atau daratan, dan sebagainya.
-     Siswa menuliskan hal-hal penting yang diperoleh selama kegiatan mengamati ini berlangsung.

Menanya
-     Guru dapat memotivasi peserta didik dengan bertanya: misal bagaimana dulu manusia mengenal dan menggunakan bilangan? Sejak kapan peserta didik menggunakan bilangan dan untuk apa? Apa perbedaan bilangan asli, bilangan cacah
-     Peserta didik termotivasi untuk mempertanyakan berbagai aspek bilangan, misal: adalah bilangan terkecil? terbesar? Bagaimana cara kerja perangkat komputer menghitung hasil operasi bilangan? Mengapa perkalian dengan nol hasilnya nol? Adakah hasil bagi dengan nol? Dan sebagainya

Mengeksplorasi
-       Menyebut dan menuliskan berbagai bilangan dari berbagai kumpulan benda atau gambar benda
-       Membandingkan dan mengurutkan sekelompok bilangan dari yang terkecil.
-       Menggambar garis bilangan dan menempatkan sekelompok bilangan pada garis bilangan yang tepat.
-       Menulis bentuk pengurangan dari pengambilan sejumlah benda dari sekumpulan benda
-       Menuliskan bentuk pengurangan dari bentuk penjumlahan yang diberikan atau sebaliknya

Mengasosiasi
-       Menganalisis dan menyimpulkan melalui penalaran induktif (dalam bentuk verbal) bahwa tidak ada bilangan terkecil atau terbesar, artinya jika diberikan sembarang bilangan selalu dapat ditunjukkan bilangan yang lebih besar atau lebih kecil dari bilangan yang diberikan.
-       Menganalisis dan menyimpulkan penjumlahan bersifat komutatif (dapat dipertukarkan) melalui pengamatan pola atau secara aljabar.
-       Menunjukkan melalui contoh bahwa pengurangan dan pembagian tidak bersifat komutatif

Mengomunikasi
-       Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan operasi hitung atau aljabar yang dikuasai, contoh masalah yang diselesaikan dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
-       Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

1 komentar:

  1. tolong di jelaskan apa hubungan topik dengan pertanyaan "Bagaimana cara kerja perangkat komputer menghitung hasil operasi bilangan?". Trimakasih

    BalasHapus