Skenario
Pembelajaran Matematika
Topik: Konsep
Bilangan Bulat &
Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat
Menggunakan
K-2006
|
Menggunakan
K-2013
|
Eksplorasi
- Siswa
diminta memperhatikan peristiwa, kejadian atau fenomena serta situasi yang
berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, seperti temperatur atau suhu
berbagai benda, ketinggian pohon, dan sebagainya.
-
Siswa
diminta membaca buku referensi bada bagian topik yang sedang dibahas. Siswa
menuliskan bagian-bagian penting dari hasil membaca buku referensi yang
diminta.
- Melalui
tanya jawab, siswa mengidentifikasi berbagai bilangan dari kumpulan benda,
membandingkan dan mengurutkan sekelompok bilangan, menggambarkan garis bilangan
dan menempatkan sekelompok bilangan pada garis bilangan yang tepat, melakukan
operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
Elaborasi
- Menganalisis
dan menyimpulkan melalui penalaran induktif (dalam bentuk verbal) bahwa tidak
ada bilangan terkecil atau terbesar, artinya jika diberikan sembarang
bilangan selalu dapat ditunjukkan bilangan yang lebih besar atau lebih kecil
dari bilangan yang diberikan
- Menganalisis
dan menyimpulkan penjumlahan bersifat komutatif (dapat dipertukarkan) melalui
pengamatan pola atau secara aljabar.
-
Menunjukkan
melalui contoh bahwa pengurangan dan pembagian tidak bersifat komutatif
Konfirmasi
-
Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami,
keterampilan operasi hitung atau aljabar yang dikuasai, contoh masalah yang
diselesaikan dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
-
Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan
tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
|
Mengamati
- Mengamati peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan
bulat, seperti temperatur atau suhu berbagai benda, ketinggian pohon atau
daratan, dan sebagainya.
- Siswa menuliskan hal-hal
penting yang diperoleh selama kegiatan mengamati ini berlangsung.
Menanya
- Guru dapat memotivasi peserta
didik dengan bertanya: misal bagaimana dulu manusia mengenal dan menggunakan
bilangan? Sejak kapan peserta didik menggunakan bilangan dan untuk apa? Apa
perbedaan bilangan asli, bilangan cacah
- Peserta didik termotivasi untuk
mempertanyakan berbagai aspek bilangan, misal: adalah bilangan terkecil?
terbesar? Bagaimana cara kerja perangkat komputer menghitung hasil operasi
bilangan? Mengapa perkalian dengan nol hasilnya nol? Adakah hasil bagi dengan
nol? Dan sebagainya
Mengeksplorasi
- Menyebut dan menuliskan
berbagai bilangan dari berbagai kumpulan benda atau gambar benda
- Membandingkan dan mengurutkan
sekelompok bilangan dari yang terkecil.
- Menggambar garis bilangan dan
menempatkan sekelompok bilangan pada garis bilangan yang tepat.
- Menulis bentuk pengurangan dari
pengambilan sejumlah benda dari sekumpulan benda
- Menuliskan bentuk pengurangan
dari bentuk penjumlahan yang diberikan atau sebaliknya
Mengasosiasi
- Menganalisis dan menyimpulkan
melalui penalaran induktif (dalam bentuk verbal) bahwa tidak ada bilangan
terkecil atau terbesar, artinya jika diberikan sembarang bilangan selalu
dapat ditunjukkan bilangan yang lebih besar atau lebih kecil dari bilangan
yang diberikan.
- Menganalisis dan menyimpulkan
penjumlahan bersifat komutatif (dapat dipertukarkan) melalui pengamatan pola
atau secara aljabar.
- Menunjukkan melalui contoh
bahwa pengurangan dan pembagian tidak bersifat komutatif
Mengomunikasi
- Menyajikan secara tertulis dan
lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas
atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan
operasi hitung atau aljabar yang dikuasai, contoh masalah yang diselesaikan
dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
- Memberikan tanggapan hasil
presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
|
tolong di jelaskan apa hubungan topik dengan pertanyaan "Bagaimana cara kerja perangkat komputer menghitung hasil operasi bilangan?". Trimakasih
BalasHapus